ABOUT ANNOUNCER



Dasar Radio
 Bab Announcer
Hai Kawan Di Blog Ini Saya Ingin Sedikit Sharing Dan Memberikan Sedikit Penjelasan Mengenai Radio. Bagi Kamu Yang Mengambil Jurusan Ilmu Komunikasi Atau Pun Broadcast Mungkin Ini Bisa Menjadi Referensi Untuk Sahabat.
Beberapa Dari Kita Mungkin Tidak Paham Tentang Announcer Itu Apa, Bahasa Akrabnya Kita Sering Mendengar Penyiar Radio Nah Ini Dia. Jelasnya Apa Sih?. Announcer Atau Penyiar Radio Memiliki Tugas Sebagai Public Figure Dibalik Layar, Yang Bertugas Membawakan Dan Memandu Sebuah Acara Di Radio. Seorang Penyiar Radio Adalah Ujung Tombak Sebuah Radio Dalam Menghubungkan Atau Berkomunikasi Dengan Pendengar. Seorang Announcer Menurut Saya Sukses Dan Terkenalnya Sebuah Radio Tergantung Dari Seorang Penyiarnya. Bagaimana Dia Mampu Menciptakan Suasana, Karakter Suara Yang Dimiliki, Mampu Membaca Situasi Dan Mampu Memberikan Suguhan Panggung Audio Dengan Luar Biasa. Kepiawaian Ini Lah Yang Bisa Memberikan Citra Yang Luar Biasa Untuk Mengankat Citra Radio Tersebut.
            Menjadi Seorang Announcer Aku Rasa Bukan Pekerjaan Yang Mudah. Tidak Semua Orang Diberi Kemampuan Untuk Menjadi Seorang Penyiar Radio (Announcer). Seorang Penyiar Radio Hakikatnya Memiliki Kekhasan Dari Karakternya Mulai Dari Skill Alami Yang Dimiliki, Suara Yang Indah,Hingga Frekuensi Bicara Yang Jauh Lebih Dominasi Dari Orang Yang Lain. Menurut Pengalaman Dan Karir Yang Pernah Aku Jalani Dibidang Ini Seorang Penyiar Itu Harus Mampu Dan Memiliki:
1.        Kemampuan Berbicara Yang Lebih Dari Orang Lain
2.       Memiliki Kosa Kata Yang Banyak (Hei Refrensinya Tentu Dengan Rajin Membaca Ya Sahabat)
3.       Mampu Memainkan Kata Dengan Intonasi Yang Tepat
4.       Memiliki Karakter Yang Unik
5.       Kepribadian Yang Tangguh
6.       Bersahabat
7.       Sabar
8.       Percaya Diri
9.       Mampu Berfikir Kreatif
Kalo Kita Memiliki Apa Yang Ada Diatas Pasti Akan Mudah Untuk Berada Di Zona Broadcast. Menurut Aku Tidak Semua Orang Dimiliki Kemampuan Unik Tersebut Bersyukurlah Kita Ketika Memiliki Semua Yang Ada Pada Diri Kita Untuk Menjadi Seorang Announcer. Menurut Dari Beberapa Buku Mengenai Seorang Announcer (Penyiar Radio) Akan Coba Saya Sharekan Ke Sahabat.
A.     Kualifikasi Penyiar
Sebagai Seorang Announcer Tentunya Kita Harus Memiliki Skill Didalam Diri Kita Dan Tentunya Suara Emas Dan Indah Yang Mampu Membuat Pendengarnya Setia Dan Selalu Teringat Yuk Kita Jabarkan Lagi.
1.        Announcer Skill
Untuk Menjadi Seorang Penyiar Harus Memiliki Skill Tertentu. Menurut Ben G Henneke (1954) Skill Tersebut:
a.      Komunikasi Gagasan (Communication Of Ideas)
b.      Komunikasi Kepribadian (Communication Of Personality)
c.        Proyeksi Kepribadian (Projection Of Personality)
d.      Pengucapan (Pronounciation)
e.       Kontrol Suara (Voice Control)
Ini Adalah Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Penyiar Radio. Pada Dasarnya Semua Radio Memiliki Ketentuan Sendiri-Sendiri Dilihat Dari Focus Dan Program Apa Saja Yang Ada Didalam Misi Dan Visi Radio Tersebut. Misalnya Ketika Radio Tersebut Adalah Untuk Anak Muda Maka Ada Ketentuan Tertentu Yang Akan Ditargetkan Oleh Radio Tersebut Misal Dari Gaya Bicara, Materi Dan Tentunya Pembawaan Si Penyiar Tersebut.
2.       Adaptability
Penyiar Adalah Bagian Dari Team Work, Jadi Seorang Penyiar Harus Mampu Menyesuaikan Diri Dengan Keadaan Kantor Dari Jadwal, Materi Hingga Jam Siaran Yang Terkadang Berubah.
3.       Berwawasan Luas
Namanya Seorang Announcer Apalagi Kita Bekerja Didunia Hiburan Jadi Harus Memiliki Tabungan Kata Dong. Ini Penting Buat Seorang Penyiar Jadi Seorang Announcer Harus Rajin-Rajin Update Kata Dengan Cara Membaca Nggak Lucukan Kalo Penyiar Ngeblank Dan Nggak Bisa Bicara Lancar Dan Kosa Katanya Hanya Itu-Itu Aja. Udah Bisa Dibanyangin Dong Sahabat Radionya Akan Jadi Gimana???
4.       Sense Of Music
Nggak Peduli Lagu Jadul Atau Baru Seorang Penyiar Harus Memiliki Kemampuan Satu Ini, Memahami Semua Genre Music.A
5.       Sense Of Humor
Humor Sangat Diperlukan Karena Ini Adalah Salah Satu Skill Yang Bisa Menghidupkan Suasana.
6.       Jiwa Entertainer
Udah Taukan Soal Satu Ini, Jika Seorang Announcer Tidak Memiliki Jiwa Penghibur Maka Apa Yang Terjadi Suasana Akan Jadi Canggung Dan Tidak Menyenangkan Jadi Kuncinya Ceria Dan Mampu Memberikan Performa Terbaik.
7.       Good Looking
Biarpun Dibelakang Layar Penampilan Tetap Harus Dijaga Karena Sewaktu-Waktu Sahabat Bisa Ada Jadwal Wawancara Mendadak.
Nah Itu Tadi Adalah Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Announcer Ya, Jadi Buat Sahabat Yang Memiliki Kemampuan Ini Dari Awal Ayo Diasah Jika Tidak Diasa Akan Sama Dengan Pisau Terlihat Tajam Tapi Ternyata Tumpul Jika Tidak Diasah Dengan Baik. Dan Buat Sahabat Yang Ingin Menjadi Seorang Announcer Yuk Belajar Latih Dirimu Dengan Cara Praktis Mengolah Vocal Dan Berbicara Didepan Cermin. Entertaint Sejati Berawal Dari Seorang Announcer Handal Loh. Lihat Aja Coki Sitohang, Indra Bekti, Indi Barrends, Indra Herlambang, Dang Darto D’comment Dan Di Luar Ada Artist Serbabisa K Pop Super Junior Kangin N Rywookkan Ayo Jadikan Motifasi Ini Dengan Baik. Kalo Aku Punya Banyak Idola Untuk Acuanku Belajar Kamu Sahabat??????????????????????.

Salam Semoga Bermanfaat ._. 

SUMBER:
ROMLI.M, ASEP SAMSUL. DASAR-DASAR SIARAN RADIO BASIC ANNOUNCING. 2009. PENERBIT NUANSA. BANDUNG

Komentar